Top 50 Bahasa Gaul, Tren Komunikasi Generasi Milenial

Sobat Togel Toto Indonesia, setiap hari kita menghabiskan waktu untuk melakukan komunikasi baik itu dengan kerabat, saudara, rekan kerja maupun teman baru. Namun sadarkah kita kalau seiring perkembangan generasi dan jaman, banyak istilah dan kata-kata baru yang muncul, baik itu sebagai plesetan ataupun singkatan yang akhirnya sering disebut sebagai bahasa gaul di era modern sekarang ini.

BACA JUGA: Beberapa Istilah Dalam Perjudian

Di Indonesia sendiri, banyak sekali bahasa gaul yang mungkin saat ini hanya diketahui kawula muda Indonesia. Apa saja istilah gaul tersebut? Yuk kita lihat top 50 bahasa gaul yang paling sering dipakai generasi milenial kita.

ilustrasi kamus bahasa gaul

Bahasa Gaul Sosialita

Nah, koleksi bahasa gaul pertama ini benar-benar lahir dari trend dan efek sosialita generasi milenial. Ini dia daftar kata gaul yang dimaksud:

  1. Ngab atau bang, yaitu kata bang yang pengucapan atau penulisannya dibalik. Biasa dipakai untuk memanggil abang-abang yang memang sudah akrab.
  2. Sabi atau bisa, yaitu kata gaul yang suku katanya dibalik.
  3. Kuy, yaitu ajakan yang berasal dari kata yuk yang dibalik.
  4. Woles yaitu kata gaul yang berasal dari bahasa Inggris slow. Di mana artinya lambat atau pelan-pelan.
  5. Santuy yaitu kata gaul plesetan yang berasal dari kata santai.
  6. Tubir atau kata gaul kebalikan dari kata ribut. Biasanya dipakai untuk guyonan ketika hendak mengajak teman ribut namun bercanda saja.
  7. Rempong, yaitu kata gaul yang berarti ribet atau repot. Sering dijulukkan kepada para perempuan yang seringkali ribet saat hendak bepergian atau memilih sesuatu.
  8. YXGK yaitu kependekan dari Ya Kali Gak Kuy, yaitu kata gaul yang berarti penerimaan atas berbagai ajakan.
  9. Bosque, yaitu kata gaul yang penulisannya diplesetkan dari kata bosku. Kata ini sering diucapkan kepada teman akrab yang sedang menyuruh melakukan sesuatu.
  10. Unch yang berarti lucu atau gemas. Biasanya sering diucapkan perempuan ketika melihat hal-hal lucu, baik itu anak kecil maupun benda-benda seperti baju, tas, dan lain-lain.
  11. Receh yaitu kata gaul yang sering disematkan kepada mereka yang gemar tertawa, padahal hal yang ditertawakan tidaklah terlalu lucu bagi teman lainnya.
  12. PHP atau pemberi harapan palsu, yaitu kata gaul yang biasa diberikan pada orang-orang yang memberikan harapan palsu. Biasanya mereka itu hanya menebar janji-janji manis namun kemudian diingkarinya.
  13. Mainstream, yaitu kata gaul dari bahasa Inggris yang akan diucapkan untuk hal-hal yang sudah biasa dilakukan. Sementara kebalikannya, yaitu anti-mainstream akan disampaikan untuk hal-hal yang tidak biasa.
  14. Galau atau sedih sendu, merupakan kata gaul yang menunjukkan rasa sedih atau sendu karena sesuatu.
  15. Unyu, yaitu kata gaul yang biasa diartikan sebagai imut atau lucu. Biasanya digunakan untuk menjuluki diri sendiri atau anak kecil
  16. Kece yaitu kata gaul yang artinya keren.
  17. Garing, yaitu kata gaul yang artinya nggak lucu. Anak-anak tongkrongan biasanya akan mencela teman bercandanya dengan kata ini jika jokes yang dibawa tidaklah lucu alias garing.
  18. Komuk atau kondisi muka, yaitu kata gaul untuk mengomentari raut muka atau wajah seseorang saat mendengar sesuatu.
  19. Manjiw atau mantap jiwa, yaitu kata gaul yang biasa dipakai untuk mengapresiasi seseorang.
  20. Generasi micin, yaitu kata gaul yang disematkan untuk mereka, generasi saat ini yang mana sudah banyak mengkonsumsi micin. Namun sebuatan ini juga berlaku bagi mereka karena lahir setelah tahun 2000.
  21. Kids jaman now yaitu kata gaul yang biasa diberikan kepada anak-anak yang sudah seperti orang dewasa saat ini. Seperti masih kecil sudah menguasai komputer dan HP.

Istilah Gaul dari Singkatan Bahasa Indonesia

Generasi milenial juga suka menyingkat kata, yang akhirnya menciptakan istilah baru dan kata-kata gaul seperti berikut ini:

  1. Bucin atau budak cinta – artinya sedang mabuk asmara, atau rela melakukan apa pun untuk orang yang dicintai.
  2. Mantul atau mantap betul – merupakan kata pujian, namun juga sering menjadi lelucon.
  3. Gaje atau gak jelas – sesuai maknanya, kata ini digunakan jika kita tidak paham dengan maksud, kelakuan dan tujuan lawan bicara kita.
  4. Japri atau jaringan pribadi – merupakan kata yang sering dipakai jika ingin berkomunikasi secara personal.
  5. Modus atau modal dusta – sesuai maknanya, kata ini dipakai untuk menggambarkan kelakuan yang memiliki maksud dan tujuan tertentu.
  6. Mager atau males gerak – adalah istilah yang sering dipakai jika sedang malas untuk melakukan sesuatu.
  7. Gercep atau gerakan cepat – merupakan istilah untuk orang yang tanggap dan melakukan sesuatu dengan respon cepat.
  8. Pansos atau panjat sosial – artinya hampir mirip dengan caper, namun lebih spesifik dan ditujukan untuk orang yang mencari perhatian lewat media sosial dengan cara upload konten tidak bermutu.
  9. Gabut atau gaji buta – sebagaimana maksudnya, kata ini berarti makan gaji buta alias santai di saat kerja. Namun kata ini juga bisa memiliki makna bosan setelah kerja berlebihan.
  10. Jadul atau jaman dulu – adalah istilah untuk barang-barang atau hal yang agak kuno dan sudah ketinggalan jaman.
  11. Curcol atau curhat colongan – merupakan istilah yang sering dipakai jika hendak bercerita / curhat kepada orang lain secara diam-diam, alias ini rahasia ya.
  12. Baper atau bawa perasaan – adalah kata yang sering ditujukan untuk orang yang mudah terbuai saat ada yang memperlakukan mereka dengan baik atau istimewa.

Istilah Gaul dari Singkatan Bahasa Inggris

Selain memakai bahasa Indonesia, ada juga bahasa gaul yang bersumber dari singkatan bahasa Inggris seperti ini:

  1. Kepo atau Knowing Every Particular Object – artinya serba ingin tahu atau ikut campur.
  2. BTW atau by the way – artinya ngomong-ngomong.
  3. OTW atau On The Way – artinya sedang dalam perjalanan atau sudah berangkat.
  4. PAP atau Post a Picture – artinya kirim foto atau minta foto.
  5. CMIIW atau Correct Me If I’m Wrong – artinya pendapat saya atau menurut saya.
  6. TGIF atau Thank God It’s Friday – artinya sudah mau weekend.
  7. LOL atau Laugh of Loud – merupakan ekspresi tertawa untuk sesuatu yang lucu.
  8. GWS atau Get Well Soon – artinya lekas sembuh atau cepat baikan.
  9. FYI atau For Your Information – artinya sekedar info.

Bahasa Gaul Super Singkat

Selain bahasa gaul yang asalnya dari singkatan seperti di atas, masih ada istilah gaul lain yang memiliki penulisan super singkat.

Entah karena malas ketik panjang atau memang mudah dipahami, umumnya kata gaul ini lebih sering digunakan dalam pesan tertulis melalui media sosial.

Simak daftarnya berikut ini ya:

  1. Cans = cantik banget
  2. Gans = ganteng banget
  3. Gils = gila banget
  4. Goks atau gokil = lucu banget
  5. Leh uga = boleh juga
  6. Ntaps = mantap
  7. Halu = berhalusinasi
  8. Monmaap = mohon maaf
  9. Yauds = ya udah
  10. Jamber = jam berapa

Itulah dia kumpulan bahasa gaul dan artinya yang sering dipakai generasi milenial. Jadi jangan heran kalau istilah gaul seperti itu sering muncul dalam percakapan sehari-hari. Umumnya, kata gaul hanya dipakai oleh mereka yang memang sudah akrab satu sama lain.